BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIAONLINE "LAPANAM NEWS""

Babinsa Koramil 04/SCC Komsos Dengan Masyarakat Sosialisasikan PMK Sapi

PD. PARIAMAN | Saat ini penyebaran virus penyakit mulut dan kuku ternak sedang aktif, terutama dipulau Jawa, Sumatera dan Bali.  Berdasarkan surat edaran menteri pertanian kepada seluruh kepala daerah gubernur dan Bupati se-Indonesia Surat edaran  nomor 01/SE/PK 300/5/2022 ,bahwa perlu adanya tindakan bersama menanggulangi penyelenggaraan penyakit mulut dan kuku pada ternak.

Serda Algutsardini putra selaku Babinsa Koramil/04 Sicincin diwilayah binaannya nagari Kayutanam menanggapi informasi tentang adanya PMK ini. Babinsa berkoordinasi dengan mantri hewan yang bertugas diwilayahnya guna mendapatkan informasi dan menyampaikan kepada masyarakat.

Babinsa menyampaikan informasi tentang PMK ini kepada masyarakat melalui komsos ditengah masyarakat, seperti diwarung maupun rumah masyarakat. Karena informasi ini sangat penting dan difahami oleh seluruh masyarakat makanya Babinsa mengajak mantri hewan saudara  Muhammad Rizki.SPt untuk bersama menyampaikan kepada masyarakat.

Menurut Mantri hewan penyebaran virus PMK ini  sangat cepat, inkubasinya pada tubuh hewan selama 1 sampai 14 hari. Virus ini berpindah atau menular dari hewan ke hewan, bukan dari hewan ke manusia atau sebaliknya.

Virus RNA hinggap pada hidung, mulut atau kelenjar pada ternak seperti sapi, kerbau, kambing, menyerang pada bagian mulut dan kuku ternak terutama bagian tulang, daging , susu.

Saat ini banyak masyarakat kita yang memelihara sapi untuk dijadikan hewan qurban pada hari raya idul Adha mendatang, sehingga menimbulkan kecemasan ditengah masyarakat, karena takut hewan ternaknya tidak dapat dipotong atau dijual.

Hingga saat ini langkah yang telah diambil oleh Dinas peternakan kabupaten Padang Pariaman yaitu menutup sementara pasar ternak dan melarang adanya masuk ternak dari luar kabupaten Padang Pariaman. Dan kepada masyarakat diminta tenang serta meningkatkan pengawasan kepada hewan ternak masing-masing, menjaga kebersihan serta melakukan penyemprotan disinfektan khusus dikandang ternaknya.

" Kita minta masyarakat tenang, adakan penyemprotan disinfektan dikandang, serta menjaga kebersihan ternak dan kandangnya," papar Muhammad Rizki.SPt saat bersama Babinsa komsos diwarung kelok Korong Banda Manggih, Selasa (24/05/2022).

Posting Komentar

0 Komentar