BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIAONLINE "LAPANAM NEWS""

Lanudal Juanda Puspenerbal Panen Perdana Pisang Cavendish Berkualitas Prima

Sidoarjo Puspenerbal, (7/6)  | Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksda TNI Dwika Tjahja Setiawan bersama Ketua Gabungan Jalasenastri Puspenerbal Ny. Anna Dwika hari ini melakukan panen perdana pisang Cavendish, Selasa (7/6/2022). Panen perdana pisang cavendish ini dihadiri juga Inspektur Puspenerbal, para Direktur Puspenerbal, Danlanudal Juanda, Danwing Udara 2, Dankolat Penerbal, Keprimkopal dan pengurus Jalasenastri Gabungan Puspenerbal.

Panen perdana pisang cavendish kwalitas eksport ini dilakukan di atas lahan seluas 3,5 Hektare di dalam Pangkalan Udara TNI AL Juanda, yang terbagi dalam 8 Blok. Dimana kebun pisang cavendish ini dikelola oleh Unit Lahan Primkopal Juanda.

Danpuspenerbal Laksda Dwika mengatakan penanaman bibit dilakukan pada bulan Maret 2020 sebagai usaha ketahanan pangan Primkopal Juanda di masa Pandemi Covid-19 sekaligus pemanfaatan lahan di Lanudal Juanda yang kurang produktif, dan ditamam sebanyak kurang lebih 5000 pohon.

Dari penanaman, perawatan sampai panen setelah 2 tahun akhirnya pisang dapat berbuah dan bisa panen pada pagi ini. Lanjut Danpuspenerbal, kendala yang dihadapi yaitu jika cuaca panas daun mengering, biasanya merambat ke batang buah ikut mengering jika buah tidak kita tutup dengan plastik. 

Satu tandan pisang terdiri dari 6-7 cengkeh dengan berat 12 kg,  untuk buah yang lebih besar bisa sampai 8-10 cengkeh dengan berat  16-17 kg, dan hasil panen akan kita jual ke penyuplai dengan harga Rp.3000–Rp.4000 per kilogram, ujar Danpuspenerbal.

Posting Komentar

0 Komentar