BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIAONLINE "LAPANAM NEWS""

Idul Adha 1443 H/2022 M, YHT Surabaya Sembelih 13 Ekor Sapi dan 48 Ekor Kambing

Surabaya,(11/07) | Di hari kedua ‘Idul Adha 1443 H bertepatan Senin, (11/07/22) Satuan Pendidikan di bawah naungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya secara bersamaan melaksanakan pemotongan hewan qurban yang berlangsung di sekolah masing-masing. Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP, menyebutkan bahwa  sekolah yang menjadi binaannya secara keseluruhan melaksanakan pemotongan  hewan qurban, terdiri dari 13 ekor sapi  dan 48 ekor kambing.

Satdik-satdik/  yang melaksanakan penyembelihan hewan qurban terdiri dari   TK, SD, SMP, SMA dan SMK antara lain :  2 kambing dari TK Hang Tuah 1,  3 kambing dari SD Hang Tuah 7,  3 kambing dari SD Hang Tuah 11,  1 sapi dan 6 kambing dari SD Hang Tuah 10,  1 sapi dan 5 kambing dari  SMP Hang Tuah 1,   5 kambing dari  SMP Hang Tuah 2, 1 sapi dari SMP Hang Tuah 4, 1 sapi dan 3 kambing SMP Hang Tuah 5, 1 sapi dan 5 kambing dari SMP Hang Tuah 6 Excellent, 3 sapi dan 2 kambing SMA Hang Tuah 1, 3 sapi dan 3 kambing dari SMA Hang Tuah 2, 1 sapi dari SMA Hang Tuah 4, 2 sapi dari SMA Hang Tuah 5, 1 sapi dan 6 kambing dari  SMK KAL-1   dan 4 kambing  Staf Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya . Penyelenggaraan penyembelihan di laksanakan secara serentak di satuan pendidikan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya ini baru dilaksanakan di hari kedua hari raya ‘Idul Qurban karena pada hari pertama jatuh pada hari Minggu dimana  seluruh sekolah dalam keadaan libur.

Dari hasil pantauan yang berhasil dikumpulkan , daging hewan qurban  di tiap-tiap satdik / sekolah di bagikan kepada sebagian siswa, guru, karyawan, masyarakat lingkungan sekolah serta beberapa panti asuhan / anak yatim piatu yang telah di tunjuk serta  dilaksanakan makan bersama antara siswa, guru dan karyawan di sekolah masing-masing.

Seluruh Kasatdik  yang terdiri dari Kastdik SD  Hang Tuah 7, Kasadtdik SD Hang Tuah  10 , Kasatdik SD Hang Tuah  11, Kasatdik SMP Hang Tuah 1, Kasatdik SMP Hang Tuah 2, Kasatdik SMP Hang Tuah 4, Kasatdik SMP Hang Tuah 5, Kasardik SMP Hang Tuah 6 Excllent, Kasatdik SMA Hang Tuah 1, Kasatdik SMA Hang Tuah 2, Kasatdik SMA Hang Tuah 4, Kasatdik SMA Hang Tuah 5 dan Pjs. Kasatdik SMK KAL-1 yang secara langsung termonitor , melaksanakan penyembelihan hewan Qurban  di halaman sekolah disaksikan disaksikan Para Wakil Kepala sekolah Guru dan Siswa hingga pendistribusian epada yang berhak menerima hewan qurban tersebut.

Penyembelehan  hewan qurban di hari Raya ‘Idul Adha,  memberikan  pembelajaran  berqurban  kepada para siswa sebagaimana   telah di contohkan oleh Nabi Ibrahim atas Ismail, yang intinya adalah untuk melatih kepedulian sosial, apabila kita punya kelebihan harta maka sudah seharusnya menyisihkan sebagian untuk dikorbankan dalam wujud binatang ternak dan dagingnya di bagikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Sebagai pembelajaran kepada siswa menurut orang nomor satu di Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya bahwa  “siswanya dengan sengaja diberi motifasi  memupuk rasa empati kepada masyarakat lingkungannya, melatih siswa  menjadi seorang  yang  dermawan, menjadikan rizki  barokah, bertaqwa kepada Allah  SWT yang akan  menjadi bekal di hari akhir dan  utamanya untuk memupuk sikap kebersamaan , kerja sama dengan semangat persaudaraan.” tuturnya.

 Penyerahan daging qurban secara simbolis di sampaikan oleh para Kepala Sekolah masing-masing baik kepada siswa, guru, karyaan,  Panti Asuhan serta kepada warga di lingkungan sekolah. (yht/dar).

Posting Komentar

0 Komentar