BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIAONLINE "LAPANAM NEWS""

Kapal Terbakar, Pangkalan TNI AL Banyuwangi Laksanakan Evakuasi

BANYUWANGI | KM (Kapal Motor) Lautan Papua Indah GT 425 milik PT. Wogikel Papua Jaya, mengalami kebakaran di Perairan Paiton Probolinggo pada titik koordinat 07°39'138" S -  113°31'924" E, Selasa (12/07/2022). Kapal tersebut mengalami kebakaran saat melakukan pelayaran dari Probolinggo dengan tujuan mencari ikan disekitar Perairan Aru yang membawa 19 ABK (Anak Buah Kapal) dan 6 ABK titipan. Mendapat informasi tersebut Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi langsung mengerahkan prajurit guna melakanakan penyelamatan terhadap ABK. 

Peristiwa berawal dari adanya laporan dari Nahkoda KM. Lautan Papua Indah yang melaporkan terjadinya kebakaran terhadap kapalnya dan meminta pertolongan kepada Poskamladu (Pos Keamanan Laut Terpadu) Paiton untuk membantu mengevakuasi dan memadam api kapalnya. Selanjutnya Danposkamladu Paiton Letda Laut (S) Herdin melaporkan kejadian tersebut kepada Danlanal Banyuwangi.

Mendapatkan laporan dari Danposkamladu Paiton tentang terjadinya kebakaran KM. Lautan Papua Indah, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori perintahkan Prajurit Lanal Banyuwangi untuk membantu pelaksanaan SAR, evakuasi sekaligus melaksanakan pengamanan terhadap KM. Lautan Papua Indah.

Selanjutnya Prajurit Lanal Banyuwangi bersama Satpolairud Polres Probolinggo, Kesyahbadaran Probolinggo, Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo dengan menggunakan 4 Tug Boat diantaranya TB. Banyak, TB. JKW Pelita 1, TB. Intan Megah 20 dan TB. Bomas Potenza bergerak cepat menuju lokasi terbakarnya KM. Lautan Papua Indah.

Setelah melakukan upaya pemadaman api di KM. Lautan Papua Indah, karena badan kapal sebagian sudah masuk air, sehingga kapal mengalami kemiringan dan akhirnya kapal tersebut tenggelam dan tidak bisa diselamatkan sedangkan 19 ABK (Anak Buah Kapal) dan 6 ABK titipan serta nahkoda dalam keadaan selamat. 

Aksi yang dilakukan Prajurit Lanal Banyuwangi yang bergerak cepat membantu laka laut tersebut sesuai dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar sesegera mungkin memberikan bantuan terhadap kesulitan rakyat dengan mengoptimalkan segala kemampuan yang dimiliki sehingga keberadaan Prajurit TNI AL dimanapun dapat bermanfaat bagi masyarakat sekelilingnya.

Posting Komentar

0 Komentar