BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIAONLINE "LAPANAM NEWS""

Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali Resmikan SPBT Terpadu II di Surabaya

SURABAYA | Setelah melalui proses pembangunan selama tujuh bulan, Stasiun Pengisian Bahan  Bakar Terintegrasi (SPBT)  Terpadu II TNI AL yang terletak di Jl, Hang Tuah, Ujung, Surabaya diresmikan penggunaannya oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, Senin (11/09/2023).

Acara peresmian tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti SPBT oleh Kasal dan penandatanganan naskah berita acara serah terima dari Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga PT Pertamina Patra Niaga Bapak Maya Kusmaya kepada Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksma TNI Eko Wahjono di gedung Panti Cahaya Armada (PCA), Koarmada II, Ujung, Surabaya.

Pembangunan SPBT Terpadu II TNI AL merupakan bentuk upaya TNI AL dalam rangka menjawab tantangan dalam mempertahankan ketahanan negara serta menjamin terciptanya keamanan maritim sehingga TNI AL harus memiliki kemampuan, dan kesiapan tempur yang mumpuni sehingga perlu ditunjang infrastruktur logistik yang baik.

Adapun tujuan dibangunnya SPBT Terpadu II TNI AL yaitu meningkatkan pelayanan bahan bakar Minyak dan Pelumas yang efektif dan efisien di lingkungan TNI AL dan mewujudkan tata kelola bahan bakar minyak dan pelumas TNI AL yang akuntabel dan transparan.

SPBT II Terpadu TNI AL berdiri di lahan seluas 3.960 M2, memiliki luas bangunan kantor 47,25 M2, Tangki Pendam 30 KL sebanyak 2 unit, Tangki pendam 8 KL sebanyak 2 unit, dan pulau pompa sebanyak 5 unit.

Pembangunan SPBT II Terpadu TNI AL ini merupakan program lanjutan dari Dinas Perbekalan TNI Angkatan laut (Disbekal) Mabesal dimana Pembangunan SPBT I Terpadu TNI AL sudah dibangun dan diresmikan yang berada di Komplek TNI AL Kodamar, Sunter Kelapa Gading Jakarta Utara.

Adapun konsepnya adalah menggabungkan beberapa SPBT yang berada dalam satu wilayah Koarmada II menjadi satu seperti SPBT Koarmada II, SPBT Lantamal V, SPBT Dopusbektim sehingga dengan pembangunan ini menjadikan SPBT TNI AL berlevel Grade A atau setara SPBU rest area.

SPBT ini dapat melayani beberapa Satker yang berada di sekitar DBAL Ujung Surabaya seperti Armada II, Lantamal V, Puskopaska, Satlinlamil Surabaya, Dopusbektim, Dislaikmatim, Labinkimat, Batalyon Infantri 5 Marinir, Yonmarhanlan V dan Resimen Kavaleri 5 Marinir.

Posting Komentar

0 Komentar